Jenis anyaman dan motif karya kerajinan dari bungkus kopi

Sobat crafters, ada banyak sekali jenis motif dan anyaman pada karya kerajinan bungkus kopi, yang biasa di gunakan oleh kreator pengrajin daur ulang sampah dalam menciptkan karya kerajinan dari bahan limbah bungkus kopi.

Bahan yang di gunakan pun sangat bermacam-macam yang mana setiap merk bungkus kopi mempunyai keistimewaan motif tersendiri, seperti contoh dari bahan bungkus kopi kapal api dengan motif cangkir, bungkus white kopi dengan motif bunga dll. Untuk anyamanpun jenisnya beragam mulai dari model lama anyaman rapat berlubang hingga model baru anyaman zig-zag full jahit dan semua jenis motif dan anyaman tersebut yang biasa pengrajin pakai untuk membuat karya kerajinan dari bungkus kopi seperti, karya tas, dompet dan tikar.

Di pertemuan ini saya akan membagikan sebuah ulasan tentang jenis-jenis motif dan anyaman dari bungkus kopi kapal api dari mulai jenis kapal api mix hingga jenis kapal api fresco lengkap dengan proses cara pembuatannya.

karya kerajinan dari bungkus kopi

Jenis anyaman dan motif Karya dari bungkus kopi kapal api :

1. Model anyaman sudut rapat tanpa jahit.

1. Motif cangkir segiempat 1.

Motif ini cocok sekali untuk di terapkan pada karya tas belanja, karena menyerupai motif batik Nusantara sehingga cukup netral dan bisa tampil beda. Serta dapat di pakai oleh semua kalangan.

Jenis anyaman dan motif dari bungkus kopi kapal api

2. Motif cangkir bunga.

Motif ini cukup banyak digemari, terutama oleh kaum hawa, karena bentuk anyaman cangkir nya berubah menjadi menyerupai bentuk bunga, sangat feminim dan elegan. Cocok untuk di terapkan pada karya tas selempang mini.

Link contoh anyamanya: https://youtu.be/T5fIvjq-Jpg

 

3. Motif cangkir kipas.

Menyerupai bentuk kipas ( baling-baling ), cukup di gemari kaum hawa, selain cantik juga mudah di buat dan sangat cocok diterapkan pada karya tas jinjing cantik yang cocok di bawa untuk pesta maupun menghadiri acara resmi lainnya.

Contoh karya anyaman motif kipas

 

4. Motif cangkir segiempat 2.

Seperti jenis motif cangkir segiempat 1 akan tetapi untuk tulisan semangat di ubah menjadi tulisan huruf-huruf berwarna hitam, lebih memfokuskan pada bagian sisi cangkirnya. Jenis motif ini cocok di terapkan untuk membuat karya seperti rak hias, atau sebagai tempat make up di kamar, maupun kamar mandi.

5. Motif cangkir bergaris.

Motif ini sebenarnya cukup jarang sekali di pakai, karena hanya menampilkan sebagian sisi cangkirnya melainkan fokus pada bagian garis yang menyatu di tengah, cocok di terapkan pada karya pembuatan tas maupun tempat pensil. Dapat di gunakan untuk semua kalangan.

6. Motif cangkir shuriken.

Bentuk nya yang mirip shuriken ( senjata ninja ) ini memberikan kesan feminim tetapi sport ya ? Bisa anda terapkan pada karya pembuatan tas bahu ( shoulder bag ) karena cocok untuk di bawa aktivitas keseharian anda seperti olahraga atau jalan santai.

7. Motif batik bunga.

Motif batik ini terbentuk dari tulisan merk kapal api tetapi fokus pada bagian ujung huruf  “k”, sehingga jika di satukan menjadi motif batik bunga yang cantik, cukup netral dan cocok untuk semua kalangan, tetapi lebih di minati kaum hawa. Cocok di terapkan pada karya pembuatan tas belanja ataupun dompet belanja.

8. Motif huruf kapal api.

Berbanding terbalik dengan motif cangkir, motif ini memfokuskan pada bagian sisi huruf baik kapal api maupun huruf lainnya, kurang banyak di minati, adapun beberapa biasanya kaum adam yang lebih banyak menggunakannya, karena untuk karya motif ini lebih menekankan pada bentuk karya seperti pembuatan tas carrier untuk hiking.

Anyaman zig-zag full jahit

1. Motif cangkir variasi baru

Motif cangkir variasi baru ini belum terlalu dikenal dan banyak yang menggunakannya, bentuknya yang cantik dan unik cocok sekali untuk di terapkan pada pembuatan karya tas Handphone maupun selempang.

2. Motif batik ulir

Motif ini terbuat dari bentuk tulisan kapal api yang disusun rapi seperti bentuk uliran atau ukiran batik, sangat elegan dan mewah. Warnanya yang merah tua juga memberikan kesan feminim dan menawan. Bisa di terapkan pada karya pembuatan dompet genggam.

3. Motif cangkir semangka

Cukup unik ya ? Iya, motif semangka terbentuk dari bungkus kopi yang memfokuskan pada bagian sisi cangkirnya akan tetapi jika di susun secara zig-zag akan terbentuk setengah lingkaran seperti layaknya bentuk semangka yang terbelah. Cocok di terapkan pada karya pembuatan tas selempang maupun dompet.

4. Motif cangkir ulir

Motif ini adalah sebuah bentuk motif dari gambar cangkir yang disusun mengulir, ini cocok sekali di terapkan pada karya pembuatan tas bulat, sangat cantik dan unik sekali.

5. Motif full cangkir

Motif ini berisi gambar utuh cangkir bulat yang di fokuskan di bagian tengah ( hitam) seperti bentuk biji bulat hitam. Motif ini belum terlalu dikenal, dan bisa anda coba untuk menerapkan pada karya pembuatan cangkir unik dari bungkus kopi, jangan salah ! Cangkir ini dapat di gunakan untuk minum loh, tentunya dengan menambahkan gelas plastik minuman di dalamnya.

6. Motif gold fresco

Termasuk jenis dari produk merk kapal api, fresco juga memiliki motif yang unik di mana kesan gold yang sangat dominan memberikan kesan mewah dan elegan pada pembuatan karya yang di buat. Motif ini cocok sekali untuk di terapkan pada karya tas pesta ataupun dompet genggam.

7. Motif mix

Ini adalah motif perpaduan antara dua bungkus kopi, masih dengan produk dan ukuran yang sama. Kapal api spesial mix di padukan dengan bungkus fresco menjadi motif cantik yang sangat unik dan menarik serta inovatif dan cocok sekaki di terapkan pada karya pembuatan seperti tas pesta ataupun keranjang buah yang sangat cantik.

Demikian macam/jenis motif dari anyaman sudut rapat tanpa jahit dan zig-zag full jahit yang sudah aku buat, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi baru bagi anda untuk berkreasi dalam mendaur ulang sampah khususnya dari bahan limbah plastik bungkus kopi. Selamat mencoba dan selamat berkreasi. Terima kasih.

Tinggalkan komentar