Langkah-langkah Membuat Anyaman Dari Bungkus kopi luwak white coffe dan chocolatos

 

Sobat egokraft, kali ini kita akan berbagi cara membuat anyaman dari bungkus kopi di padukan dengan bekas plastik bungkus chocolatos dengan membentuk sebuah motif cantik dengan metode anyam zig-zag full jahit.

Dan berikut langkah lengkap membuat anyaman dari bungkus kopi beserta dengan gambarnya.

Langkah membuat anyaman cara bungkus kopi full jahit

Alat dan bahan :

Anyaman dari bungkus kopi

1. Bungkus kopi luwak white coffe

2. Bungkus chocolatos drink

3. Gunting

Langkah-langkah :

1. Siapkan lipatan dengan menggunakan 2 bungkus luwak white coffe dan 1 chocolatos, lalu lipat dengan motif yang berbeda.

– lipatan 1

Buat potongan pada bungkus kopi luwak white coffe sesuai dengan contoh di atas, untuk ukuran disitu terbuat dari 8 cm x 4,8 cm ( di bulatkan tidak apa-apa). Lalu buat lipatan dengan motif putih ( white ) dengan ukuran lebar lipatan 2 cm.

– lipatan 2

Cara membuat anyaman dari bungkus kopi

Masih menggunakan bungkus kopi yang sama yaitu kopi luwak white coffe akan tetapi model pemotongan berbeda dengan yang pertama, ikuti contoh gambar. Untuk ukuran sama yaitu 8 cm x 4,8 cm ( boleh di bulatkan ). Buat lipatan dengan motif biji kopi merah dengan ukuran lebar 1,7 cm.

Baca juga: Cara Bikin Tas Dari Bungkus Kopi Frecso Anyaman zig zag

– lipatan  3

Untuk lipatan ke 3 kita akan menggunakan bungkus Chocolatos.

Potong bungkus chocolatos sesuai dengan contoh pemotongan di atas. Ukuran bungkus yang sudah di potong adalah 8,5 cm x 5 cm. Setelah itu kita buat menjadi sebuah lipatan dengan memfokuskan motif hitam polos disisi sebelah kiri. Ukuran lebar lipatan 2,2 cm.

2. Proses pembuatan anyamanya akan di buat dengan 4 susunan. Model anyaman yang di pakai menggunakan metode anyaman zig-zag full jahit.

Model motif yang akan di buat ini ada 4 tahapan anyaman akan tetapi untuk jumlah lipatan susunan sama semua yaitu 9 ujung zig zag, dan jumlah lipatan 18.

Susunan anyaman :

1. Anyaman pertama di mulai dengan menyusunkan anyaman lipatan 1 (putih) hingga mencapai jumlah susunan zig-zag ke 3 lalu di selingi lipatan 3 (hitam) dan di lanjutkan selang seling dengan lipatan putih sampai mencapai susunan lipatan ke 8. Lalu di lanjutkan dengan menganyam lipatan 2 (biji kopi merah) PERHATIKAN POSISI LIPATAN ! Untuk susunan model motif biji kopi merah Anda harus menggunakan lipatan dengan 2 model yaitu :

Baca juga: Cara Membuat tas kerajinan dari bungkus mie instan indomie plastik

1.

 

2.

 

Anda bisa susunkan sesuai dengan susunan yang sudah di contohkan dengan menggunakan anyaman-anyaman tersebut.

2. Anyaman susunan ke 2 Anda bisa mencontoh sesuai dengan motif contoh susunan, untuk lipatan gunakan lipatan yang tadi sudah kita buat, dan disini bentuk lipatan yang akan di butuhkan untuk disusunkan nanti pada semua susunan anyaman :

KETERANGAN :

Untuk ukuran lipatan yang berbeda antara kopi luwak white coffe dan chocolatos akan mengakibatkan motif nantinya tidak rata secara bentuk, sehingga nantinya ketika akan di buat karya akan berbentuk melengkung atau menggembung bervolume. Tutorial ini hanya membahas tentang susunan motif untuk bentuk karya kalian bisa mengunjungi kembali blog ini.

Terimakasih banyak sudah berkunjung semoga bermanfaat dan selamat berkreasi mendaur ulang sampah.

Tinggalkan komentar